Tentang Kami

March 1, 2017

Sekilas informasi

“Sekretariat Bersama Revitalisasi Danau Toba”

 

Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017, merupakan penjabaran tahun ketiga pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang memuat sasaran, arah kebijakan, dan strategi pembangunan. RKP ini merupakan upaya menjaga kesinambungan pembangunan terencana dan sistematis yang dilaksanakan oleh masing-masing maupun seluruh komponen bangsa dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat secara berkelanjutan. Adapun tema RKP 2017 sebagaimana arahan Bapak Presiden adalah Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja serta Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Antar wilayah.”

Didalam RKP 2017, terkait 10 Destinasi Wisata Prioritas, Danau Toba menjadi salah satu prioritas untuk dikembangkan dan dipertegas dalam RKP 2018 menjadi salah satu dari tiga yang diutamakan untuk dilaksanakan yaitu Danau Toba, Borobudur dan Mandalika. Selanjutnya kementerian LHK dalam program prioritas terkait hal tersebut diatas mandapatkan mandat pengembangan destinasi wisata antara lain :

  1. Pembangunan sarana dan prasarana transportasi, secara spesifik pembangunan jumlah akses wisata dalam kawasan TWA.
  2. Pembangunan fasilitas umum, pemeliharaan dalam kawasan yaitu dengan penyediaan sarpras wisata alam yang layak dan memadai, serta meningkatkan sarana prasarana pariwisata alam di Hutan Lindung dan KPHL.
  3. Pengembangan daya tarik wisata yaitu upaya peningkatan jumlah kunjungan wisata ke kawasan konservasi dan non konservasi serta pengurangan jumlah timbunan sampah pada sumbernya di lokasi wisata destinasi nasional.

Bentuk kerja nyata Kementerian LHK dalam dukungan pengembangan Danau Toba, adalah membangun Sekretariat Bersama (sekber) Revitalisasi Danau Toba. Tujuan dan sasaran dibangunannya sekber ini adalah sebagai bentuk integrasi utuh lintas eselon dan satuan kerja (satker) lingkup Kementerian LHK, yang berfungsi sebagai pusat informasi, sarana koordinasi integratif seluruh kegiatan terkait dukungan pengembangan Danau Toba.

Sekber Revitalisasi Danau Toba berlokasi di Gedung Griya Sampinur Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli merupakan salah satu satker unit daerah Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kemenlhk. Ditetapkannya lokasi ini sebagai sekber merupakan penunjukan langsung oleh Menteri LHK Ibu DR. Siti Nurbaya Bakar, saat berkunjung di Aek Nauli bersamaan dengan Rombongan kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 71, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Tahun 2016. Selanjutnya ibu Menteri, menyatakan agar segera merevitalisasi gedung yang tersedia sebagai kantor Sekretariat Bersama, dan sarana pendukung lainnya untuk dapat dilaksanakan segera secara berkala pada tahun 2016 dan telah jalan di tahun 2017.

Tindak lanjut dari kunjungan menteri tersebut, beberapa usulan rancangan dalam rangka percepatan kesiapan Sekretariat bersama Revitalisasi Danau Toba antara lain :

  1. Pemeliharaan Gedung Griya Sampinur, sebagai Sarana Pamer untuk mendiseminasikan program dan kegiatan yang dilaksanakan di Danau Toba dan telah terlaksana pada tahun 2016. Gedung ini juga dimanfaatkan sebagai sekretariat sementara menunggu renovasi gedung sekretariat bersama yang telah di tunjuk.
  2. Penguatan Sarana Informasi dan fasilitas pendukung perkantoran, berupa jaringan internet, penyediaan Website sekber, perangkat komputer dan perangkat pendukung lainnya. Kegiatan ini juga telah dilaksanakan pada tahun 2016.
  3. Renovasi Kantor Sekretariat Bersama, Rumah Singgah (Guesshouse) dan Rumah Dinas Koordinator Sekretariat yang direncanakan akan di laksanakan pada tahun 2017.
  4. Pemeliharaan Lingkungan sekitar Sekretariat Bersama, serta persiapan awal dalam rangka penyiapan landasan helipad untuk keperluan kementerian.

Dukungan penuh dalam rangka progres kegiatan Sekretariat Bersama Revitalisasi Danau Toba saat ini adalah merupakan integrasi dari 12 satker lingkup Kementerian LHK yang berada di Sumatera Utara, adapun satker tersebut antara lain :

  1. Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara
  2. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara
  3. Balai Besar Taman Nasional (BBTN) Gunung Leuser
  4. Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli
  5. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Asahan Barumun
  6. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Wampu Sei Ular
  7. Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup Kehutanan (BDLHK) Pematangsiantar
  8. Balai Taman Nasional (BTN) Batang Gadis
  9. Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah II Medan
  10. Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah I Medan
  11. Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sumatera
  12. Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera.

 

 

No Comments