Tema Edutainment Potensial KHDTK Aek Nauli

August 31, 2017

Konsep edutainment yang diusung oleh KHDTK Aek Nauli merupakan program unggulan yang menggabungkan konsep berwisata sambil belajar. Konsep ini bertujuan untuk mengarahkan pemanfaatan kawasan sebagai media pendidikan alam yang menyenangkan bagi pengunjung. KHDTK Aek Nauli adalah KHDTK pertama se-Indonesia yang menerapkan konsep ini sehingga model pengelolaan tersebut diharapkan dapat menjadi contoh model pengelolaan KHDTK secara nasional.

Saat ini ada 5 (lima) tema edutainment yang telah masuk kedalam Rencana Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Konsep Edutainment jangka pendek , yaitu  edutainment budidaya lebah madu, penyadapan getah Pinus, pemanenan Kemenyan, pengolahan Pirdot & Taksus serta budidaya Rumput Gajah. Tentunya masih banyak potensi edutainment lain yang dapat digali dari KHDTK Aek Nauli untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari, memaksimalkan sumber daya manusia berkualitas dan berbagai produk Litbang yang dimiliki BP2LHK Aek Nauli.

Fungsional Teknisi dan Peneliti yang ada di BP2LHK Aek Nauli masing-masing memiliki keahlian yang sangat mendukung konsep edutainment di KHDTK Aek Nauli. Mereka memiliki segudang ide dan konsep tema berbasis edutainment. Dari Hasil Diskusi yang dilakukan  saat proses pembuatan Rencana Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Konsep edutainment  oleh tim proyek perubahan dengan para fungsional teknisi dan peneliti didapat 30 tema edutainment yang sangat potensial untuk dikembangkan. Diantaranya pengenalan dan pengolahan Aren, budidaya Anggrek, edutainment Kera di Sibaganding, Pembuatan kompos arang dan cuka kayu, pengenalan pohon Kapur dan Jernang, pengamatan jenis-jenis burung, penanaman dan domestikasi buah Harimonting, bootcamp dan jelajah hutan Aek Nauli, dll. Keseluruhan Tema tersebut selanjutnya akan dipoles dan dimatangkan untuk memastikan unsur entertainment dan dan edukasi tersampaikan dengan baik kepada pengunjung.

Sumber foto : Tim DIK BP2LHK Aek Nauli

link terkait : KHDTK Aek Nauli akan Dikembangkan dengan Konsep Edutainment

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *